Perbedaan LAN, MAN, dan WAN dalam Jaringan Komputer


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Kali ini saya akan membahas perbedaan antara LAN, MAN, dan WAN. Ini berkaitan dengan jaringan komputer, yang diklasifikasikan berdasarkan rentang geografis yang dicakup. Langsung saja menuju pembahasannya.

1. Local Area Network (LAN)

Local Area Network atau yang biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang mencakup daerah yang relatif kecil, seperti dalam satu ruangan, satu rumah, dan satu gedung. Biasanya jarak antarnode tidak lebih dari 200 meter. Ini adalah jaringan dengan cakupan area terkecil.

2. Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network atau yang biasa disingkat MAN adalah jaringan komputer yang mencakup area yang lebih besar dari LAN, bisa berupa satu kota atau dengan rentang sekitar 10-45 km. Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh yaitu jaringan beberapa kantor cabang sebuah bank di dalam sebuah kota besar yang dihubungkan antara satu dengan lainnya.

3. Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network atau yang biasa disingkat WAN adalah jaringan komputer yang jangkauannya yang lebih luas, bukan hanya meliputi satu kota atau antar kota dalam suatu wilayah, tetapi mulai menjangkau area/wilayah otoritas negara lain. Biasanya sudah menggunakan media wireless, satelit dan serat fiber optic. Contoh WAN yaitu jaringan yang menghubungkan ATM dan juga internet.

Demikian pembahasan mengenai perbedaan LAN, WAN, dan MAN. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

0 Response to "Perbedaan LAN, MAN, dan WAN dalam Jaringan Komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel