Cara Install dan Menggunakan DNSCrypt di MacOS


Kominfo semakin gencar memblokir berbagai website, berbagai macam website ikut kena imbas seperti reddit, netflix, tumblr, vimeo dan banyak lainnya. Banyak yang merasa keberatan dengan hal ini terutama diblokirnya netflix karena banyak pengguna yang menggunakan netflix sebagai tempat nonton film terbaru favorit mereka. Banyak cara yang ada untuk mengakali blokiran dari kominfo tersebut, yang paling terkenal salah satunya adalah dengan menggunakan VPN, banyak yang memilih ini karena simpel dan tinggal sekali klik dan connect.

Tetapi menggunakan VPN memiliki kerugian tersendiri salah satunya adalah koneksi menjadi lebih lambat, privasi tidak dijamin karena banyak di luar sana penyedia VPN yang malah menyadap data penggunanya, dan beberapa provider VPN membatasi bandwidth pengguna yang tentunya menyulitkan mereka yang suka menonton film atau mengunduh file misalnya.

Lantas apa solusi lainnya? Salah satunya adalah menggunakan DNSCrypt. Dengan menggunakan DNSCrypt kita tidak perlu mengubah IP Address, DNSCrypt juga bisa digunakan di banyak sistem operasi salah satunya di MacOS

Apa itu DNSCrypt?

DNSCrypt adalah protokol yang mengamankan komunikasi antara DNS client dan DNS resolver, ini mencegah terjadinya DNS spoofing, DNSCrypt menggunakan kriptografi untuk memverifikasi bahwa respon DNS berasal dari DNS resolver yang dipilih. Jadi sederhananya DNSCrypt akan mengamankan atau mengenkripsi semua komunikasi antara DNS Client atau komputer pengguna dengan DNS Server/resolver.

Instalasi dan Setup

Instalasi dan setup akan dilakukan melalui terminal. Tidak sulit kok, sekalian sedikit belajar menggunakan terminal atau command line.

Pertama, unduh aplikasi DNSCrypt terbaru di repositori github, pastikan mengunduh yang paling atas yang berformat tar.gz saja.


Lalu buka terminal, login sebagai root dengan command "sudo -s" tanpa tanda petik, enter, lalu masukan password mac.

Login sebagai user root

Masuk ke folder yang berisi aplikasi DNSCrypt yang sudah diunduh tadi, contoh jika berada di folder Downloads, maka commandnya adalah "cd Downloads" tanpa tanda petik.

Masuk ke dalam folder dan mengecek

Ekstrak isi file dnscrypt yang sudah diunduh tadi, karena masih berformat tar.gz, dengan menggunakan command "gunzip [nama file]" .

Proses ekstrak file tar.gz

Ekstrak sekali lagi untuk mengeluarkan isi arsip tersebut, dengan command "tar -xvf [nama file]".

Proses ekstrak file .tar
Setelah selesai ekstrak, masuk ke folder macos dengan menggunakan command "cd macos" dan copy file konfigurasi yang nantinya akan digunakan oleh aplikasi DNSCrypt dengan command "cp example-dnscrypt-proxy.toml dnscrypt-proxy.toml" .

Proses copy file konfigurasi
Setelah semua setup selesai, tinggal menjalankan aplikasi DNSCrypt dan nantinya mengatur Network, jalan aplikasi dengan command "./dnscrypt-proxy".


DNSCrypt akan berjalan otomatis mencari server DNS dengan respon paling cepat.

DNSCrypt selesai mencari server dengan respon paling cepat
Langkah selanjutnya adalah mengatur Network agar terhubung dengan server
Buka Network Preferences > Advanced.



Pada Tab DNS, tambah IP "127.0.0.1" dan jika terdapat IP lain, hapus IP tersebut, setelah selesai lalu OK dan Apply.



Pengujian

Setelah setup selesai, saatnya kita melakukan pengujian dengan melakukan lookup DNS dan membuka situs yang diblokir.


Uji Lookup DNS

Sebelum



Sesudah


Uji buka situs Reddit

Sebelum


Sesudah



0 Response to "Cara Install dan Menggunakan DNSCrypt di MacOS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel