Forest: Stay focused – Aplikasi yang Cocok untuk Kamu yang Kecanduan Gawai!

Hasil gambar untuk forest stay focused

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Dewasa ini, pengguna gawai kian hari kian meningkat. Hal ini tidak bisa dipungkiri lagi karena perkembangan teknologi yang sangat cepat. Banyak aktivitas yang semakin mudah untuk dilakukan dengan perkembangan teknologi ini, misalnya saja melalui belanja daring (online) yang cukup menggunakan aplikasi di gawai pengguna sehingga barang dapat datang ke rumah tanpa harus pengguna keluar rumah.

Namun, dari sekian manfaat yang ada, tentu saja hal ini juga mendatangkan beberapa kekurangan. Salah satunya yaitu membuat pengguna dan penikmat teknologi ini menjadi semakin malas dalam melakukan suatu aktivitas. Ini disebabkan karena uraian yang sudah saya sebutkan di atas, semuanya dipermudah dengan perkembangan teknologi, semuanya hanya tinggal "klik" dari gawai pengguna. Karena fenomena ini munculah istilah kaum rebahan yang kerjaannya hanya tidur-tiduran menikmati teknologi yang harusnya mendatangkan banyak manfaat dan meningkatkan produktivitas malah mengakibatkan hal yang sebaliknya.

Oleh karena itu, di sini saya akan sedikit mereview aplikasi yang menurut saya cukup bermanfaat bagi teman-teman semua yang mungkin merasa kecanduan dan sulit untuk lepas dari gawai sehingga berpengaruh pada produktivitas, baik kerja ataupun kegiatan lainnya. Nama aplikasi ini yaitu Forest: Stay focused, be present.

Aplikasi ini dibuat dan dikembangkan oleh Seekrtech. Sesuai namanya, aplikasi ini bertujuan agar penggunanya fokus dalam melakukan aktivitas dan "hadir". Maksud hadir di sini yaitu hadir di dunia nyata karena bahwasannya gawai adalah gerbang kita menuju dunia maya.

Tampilan awal dari aplikasi
Cara kerja dari Forest: Stay focused, be present yaitu seperti timer yang telah diatur oleh penggunanya. Selama waktu masih belum habis, pengguna dilarang untuk membuka gawai mereka, jika membuka gawai mereka hanya sebatas pada tampilan timer aplikasi Forest: Stay focused, be present. Jika keluar dari aplikasi saat timer berjalan, maka aplikasi akan memperingatkan pengguna agar kembali ke halaman aplikasi ini.

Tampilan timer
Fitur menarik yang membedakan aplikasi ini dengan aplikasi timer pada umumnya yaitu adanya "hutan"  dengan jumlah pohon yang merepresentasikan waktu yang telah kita lalui untuk menjadi fokus melalui aplikasi ini. Jika kita berhasil untuk tidak membuka gawai sesuai waktu yang telah kita atur, maka kita berhasil menanam satu pohon yang sehat di lahan hutan kita. Jika kita gagal, misal karena menggunakan gawai selama waktu pada timer belum habis, maka hutan kita akan tertanam pohon yang tidak sehat, ini tentunya akan mengganggu pemandangan hutan kita nantinya. Dengan adanya hutan ini menjadikan aplikasi ini bukan sekadar timer biasa, tidak membosankan, dan terus memotivasi kita untuk menanam pohon lebih banyak lagi.

Hutan dan statistik waktu yang digunakan untuk berfokus

Statistik waktu fokus dilakukan untuk apa saja, bisa diatur melalui tag setiap pohon
Kita juga bisa memilih jenis pohon apa yang akan kita tanam pada hutan kita agar hutan terlihat semakin menarik.

Masih banyak jenis pohon lainnya yang bisa ditanam
Setiap berhasil menanam pohon, kita akan mendapatkan koin. Koin ini digunakan untuk membuka jenis-jenis pohon baru yang bisa ditanam, menghilangkan pohon yang tidak sehat di hutan kita (yang berarti menghapus record kita yang gagal dalam menanam pohon yang sehat), dan bahkan kita bisa membeli pohon sungguhan yang akan ditanam sungguhan oleh organisasi Trees for The Future seharga 2500 koin (jika teman-teman telah membeli versi pro dari aplikasi ini).

Sambil menanam pohon, pengguna juga bisa mendengarkan musik relaksasi dari aplikasi ini. Musik relaksasi ini berisi suara alam seperti suara hujan, suara pantai, dan lain-lain. Ada beberapa musik yang harus dibuka dengan menggunakan koin.

Beberapa musik relaksasi yang bisa dimainkan ketika timer berjalan
Kita juga bisa menanam pohon secara bersama-sama (multiplayer) dimana jika salah satu dari pengguna gagal dalam menanam maka semua pengguna akan terkena imbasnya. Fitur ini sangat cocok digunakan jika teman-teman sedang berkumpul bersama teman-teman yang lain agar tidak ada yang menggunakan gawai yang berpotensi mengganggu. Namun, saya belum menyoba fitur multiplayer ini karena tidak ada teman yang mau menggunakan aplikasi ini haha...

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui link berikut:
PLAYSTORE: Download

Namun, ada versi pro dari aplikasi ini yang bisa teman-teman beli seharga Rp. 29.000,00 (belum termasuk pajak dan sebagainya). Tentunya versi pro ini memiliki beberapa kelebihan, yaitu:
  1. Bebas iklan
  2. Bisa membeli pohon sungguhan menggunakan koin untuk ditanam
  3. Adanya fitur whitelist, yaitu fitur untuk menambahkan aplikasi pada gawai yang boleh dibuka dan digunakan selama timer berjalan
  4. Sinkronisasi data ke server sehingga progres pengguna akan tersimpan
Masih banyak fitur dan pengaturan yang bisa teman-teman temukan dan coba di dalam aplikasi ini yang jika saya bahas semuanya akan menjadi panjang artikel ini.

Di akhir artikel, saya ingin mempertegas bahwa penggunaan teknologi khususnya gawai dalam manfaat dan kekurangannya tergantung dari penggunanya. Oleh karena itu, bijaklah dalam menggunakan teknologi.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

0 Response to "Forest: Stay focused – Aplikasi yang Cocok untuk Kamu yang Kecanduan Gawai!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel